vCloud-mridwanjid

E1000 or VMXNET3?

Perlukah mengganti virtual adapter E1000 dengan Vmxnet?

E1000, VMXNET - what, why, which?

E1000, VMXNET2, VMXNET3 dan ... adalah virtual nic yang tersedia di VMware environtment. VMware merekomendasikan VMXNET3 sebagai vNIC kecuali terdapat issue di driver atau compatibility. Akan tetapi E1000 adalah default vNIC untuk pembuatan vm baru karena tidak perlu VMware Tool untuk OS mengenalinya.

berbicara mengenai E1000, adalah software yang meng-emulate / menirukan 1GB network card. itulah alasan kenapa E1000 tidak perlu driver untuk berjalan di virtual environtment. Masalahnya, E1000 adalah software yang bertingkah layaknya hardware. terdapat Performance Issue karena berjalan di ASIC (Application-Specific Integrated Circuit) yang berbeda maka membutuhkan alokasi process di cpu hostnya untuk berjalan normal, hal tersebut menyebabkan performance issue karena bergantung terhadap performance CPU host. performance di single cpu akan berbeda dengan performance di multicpu hostnya (server, applicance,..).

====

Best Practice dari VMware adalah Menggunakan vmxnet3 sebagai virtual nic, kecuali butuh spesific driver atau compatibility issue. Default virtual nic ketika pembuatan virtual machine adalah E1000, karena tidak membutuhkan VMware tools terinstall.

E1000 virtual nic adalah software emulate/copy/mimic dari 1GB network card.

E1000 adalah yang paling umum di gunakan di perangkat intel base dan kebanyakan Operating system sudah buildin support. Karena tidak memerlukan driver khusus atau extra efford ( install driver/package dll) untuk sebuah operating system berjalan di virtual environtment. Masalahnya adalah E1000 hanya sebuah software yang acting seperti hardware. hal tersebut dapat menyebabkan performance issue karena membutuhkan CPU dari 'host'  untuk berjalan normal di ASIC yang berbeda. perlu resource lebih dari hypervisor untuk emulate E1000 dibanding VMXNET untuk setiap VM.

versi emulasi dari Intel 82545EM Gigabit Ethernet NIC. Tidak semua operating system mempunyai driver tersebut. Biasanya mulai dari Linux versi 2.4.19, Windows XP Professional x64dan Windows Server 2003 (32-bit) dan generasi selanjutnya, telah mendukung driver E1000.

VMXNET3 adalah virtual nic yang telah ter-virtualisasi secara utuh.

dengan VMXNET3, driver dan network processing telah terintegrasi dengan ESXI hypervisor. Artinya tidak perlu proses tambahan yaitu untuk meng-emulasi hardware device dan performance networkya lebih baik dari E1000. tidak ada build-in driver untuk vmxnet3 di beberapa operating system seperti Windows 2008 R2 dan RedHat / CentOS, maka perlu VMware Tools untuk menginstall driver tersebut.

VMXNET virtual nic tidak bergantung pada physical card. VMXNET digunakan untuk mengoptimalkan performance di virtual machine. Karena vendor OS umumnya tidak menyediakan build-in driver untuk vnic tersebut, maka perlu meng-install VMware Tools.

Rekomendasi ? kita sudah sering melihat bahwa dengan mengganti type vnic dari E1000 menjadi VMXNET3 terjadi peningkatan performance network. berikut adalah guide komparasi antar virtual nic dari VMware.

Untuk komparasi lebih lanjut bisa dilihat di blog Rickard Nobel.

Leave a Comment